17 September 2013

Yang Membedakan Nol dengan Kosong

Bagi anak matematika ini mungkin sesuatu yang sangat tidak penting untuk dibahas, tapi buat orang lain, siapa tahu ini penting.


Suatu ketika teman saya dari matematika memrotes seorang Cewek yang ia mintai nomor HP karena si cewek  membaca nomor Hpnya dengan “Kosong Delapan ....”. Ia tidak terima karena angka yang seharusnya dibaca nol malah dibaca kosong oleh cewek itu.

“Itu nol, bukan kosong.”
“Bedanya apa??”
“Pokoknya beda. Kalo nol yah nol, kalo kosong yah kosong.”

Akhirnya pembicaraan mereka berdua makin panjang dan semakin tanpa batas saya pikir. Saya yakin teman tadi sebenarnya bisa menjelaskan lebih jauh tentang perbedaan nol dengan kosong, hanya dia sengaja untuk memancing emosi cewek itu untuk memperpanjang basa basi. Dasar Cowok...

Kembali Ke nol..
Nol yaitu suatu bilangan bulat di antara satu dan negatif satu, sehingga bisa dipastikan bahwa nol itu mempunyai nilai yaitu nol. Sedangkan kosong itu berarti tak ada, ketiadaan, kehampaan artinya nilainya tidak ada.

Misalnya, cara membaca nomor HP tadi jika kita membaca nomor HP tadi, “Kosong Delapan ...” itu artinya tidak ada angka sebelum delapan. Tapi jika dibacakan “Nol delapan ...” maka itu akan berarti ada angka sebelum an gka delapan yaitu nol.

No comments:

Post a Comment