12 January 2012

(Cerita Motivasi) Saya Mengajar, Saya Belajar

Banyak orang berpendapat bahwa menjadi guru TK adalah pekerjaan yang mudah dan tidak menguras banyak energi dan pikiran.Beberapa bahkan mengira, menjadi guru TK hanya perlu berasal dari lulusan SMA saja dan tidak perlu bertitel tinggi.

Memang betul, dengan menjadi guru TK, Anda tidak perlu menjadi sangat pandai dalam ilmu Fisika, Kimia, Matematika, maupun Biologi. Tapi tahukah Anda, bahwa menjadi guru TK adalah perkerjaan luar biasa yang tidak semua orang di dunia ini mampu dan mau melakukannya? Dan tidak hanya perlu pandai dalam ilmu akademis. Dan dapatkah semua ilmu itu tersampaikan jika Anda tidak tahu cara menyampaikannya dengan tepat dan sesuai peruntukkannya?
Di beberapa Negara maju, bahkan harus seorang professor yang menjadi guru TK. Jadi kalau selama ini Anda berpendapat bahwa cukup/tidak perlu sekolah tinggi untuk menjadi seorang guru TK, mungkin saat ini sudah saatnya Anda mengubah persepsi Anda mengenai guru TK.
Saat pertama kali saya memutuskan untuk menjadi seorang guru, saya sempat bertanya dalam hati kecil saya, apakah benar ini yang saya inginkan? Apakah menjadi guru adalah pilihan hidup saya? Apakah saya akan amanah dan mampu dalam mendidik anak bangsa ini? Dan sekarang setelah kurang lebih enam tahun saya menjadi guru TK, saya jatuh cinta pada pekerjaan saya ini. Banyak sekali nilai dan kebahagiaan yang saya dapat dari menjadi seorang guru TK. Saya yang banyak belajar dari anak-anak didik saya tercinta. Ya, SAYA BELAJAR!
Lalu apakah hanya perlu jatuh cinta saja pada pekerjaan kita tetapi kita tidak merasa perlu mengembangkan diri lagi sebagai seorang pengajar dan pendidik? Tentu saja tidak. Seiring perkembangan zaman dan kebutuhannya, hemat saya alangkah sangat baiknya jika seorang guru mau terus belajar dan mengupdate diri untuk meningkatkan kemampuan mengajar dan mendidiknya. Ilmu pengetahuan itu terus berkembang. Dinamika pembelajaran pun akan berubah dari waktu ke waktu. Kalau tidak belajar, guru bisa ketinggalan zaman dan hanya terpaku pada satu atau dua metode pembelajaran statis dan tidak berkembang sehingga belum tentu sesuai dengan kebutuhan zaman. Jadi kenapa kita harus terus belajar? KARENA ANAK DIDIK KITA BERHAK MENDAPATKAN YANG TERBAIK DARI KITA!
Menjadi guru yang berwawasan luas, terbuka terhadap perubahan demi kemajuan, inovatif, kreatif, amanah dan mau menerima masukan serta tidak pernah berhenti mencari ilmu dan belajar adalah sosok guru ideal menurut saya. Semoga kelak saya akan dapat menjadi guru yang seperti itu.
Anak didik saya adalah guru terbaik saya. Dari mereka saya belajar berusaha, gigih, mandiri, disiplin dan masih banyak lagi. Terima kasih anak-anakku terkasih! Mari terus belajar Ibu, Bapak Guru! Mari terus menimba ilmu setinggi langit dan seluas jagad raya ini. Belajar tidak mengenal usia. Sepanjang hayat kita akan terus belajar. Teruslah berkarya nyata demi kemajuan anak-anak bangsa ini Ibu Bapak Guru yang mulia! Terima kasih.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran, kunjungi website Kinderfield di:
www.kinderfield.sch.id dan www.highfield.sch.id

No comments:

Post a Comment