10 December 2013

Bohong dan Tidak Jujur itu Beda??


Sebagian orang mengatakan bahwa bohong dan tidak jujur itu sama. Tentu saja karena bagi mereka kesuanya sama-sama tidak mengungkap kebenaran. Tetapi bagi sebagian orang lagi, bohong dan tidak jujur itu beda. Karena menurut mereka, bohong berarti mengatakan sesuatu yang tidak benar, sedangkan tidak jujur berarti tidak mengatakan yang sebenarnya atau seutuhnya.

Misalnya, Anda sedang duduk manis di ruang tamu rumah pacar Anda sambil menikmati kopi buatannya yang kekurangan gula. Diapun bertanya “Bagaimana kopinya??”. Karena tidak enak mengatakan yang sebenarnya,  Anda pun menjawab “Kopinya mantap,” meskipun dalam hati Anda mengatakan bahwa kopinya memang mantap tapi gulanya tidak mantap. Ini bisa di anggap sebah perbuatan yang tidak jjr karen tidak mengatakan yang sebenarnya. Tapi kasusnya akan berbeda jika Anda mengatakan bahwa manisnya pas. Jika Anda mengatakan manisnya pas, berarti Anda bohong.

Demikian yang bisa sampaikan. Teori ini datangnya dari akal manusia, jadi benar atau salahnya bergantung pengetahuan Anda hari ini untuk menilainya.

No comments:

Post a Comment