15 June 2012

BOS dan PEMIMPIN


Harus diakui bahwa dalam memandang pengaruh otoritas baik dalam hidup secara umum, maupun dalam sebuah organisasi, terkadang kita keliru dan menganggap seorang Bos dan Pemimpin itu sama. Akan tetapi, sadar atau tidak ternyata ada perbedaan Antara bos dan Pemimpin. Beberapa perbedaannya akan coba saya paparkan, meskipun saya juga tak yakin dengan apa yang saya tuliskan.

1.       Seorang BOS biasanya menciptakan rasa takut dalam diri anak buahnya untuk membuat mereka mengikuti apa yang ia inginkan. Misalnya, dengan ancaman PHK seperti yang sering kita lihat pada beberapa perusahaan(mungkin semua)
Bagiman dengan pemimpin? Seorang pemimpin justru membangun kepercayaan dalam diri pengikutnya. Ia akan berusaha membuat anak buahnya percaya dengan apa yang ia lakukan dan apa yang ia perintahkan seperti Ia sendiri yang percaya dengan anak buahnya.

2.       Dalam keberhasilan organisasi BOS akan mengatakan “saya”lah pemilik keberhasilan itu. Tapi Seorang PEMIMPIN mengatakan “kita” semua yang memiliki. Intinya, BOS akan mengatakan “Saya” dan Pemimpin akan mengatakan “kita”.

3.       BOS tentunya akan tahu bagaimana sebuah pekerjaan itu harus dikerjakan,  tapi cuma pemimpinlah yang tahu bagaimana anak buahnya bisa berkembang sehingga juga mampu menyelesaikan pekerjaan itu.

4.       BOS akan mengandalkann otoritas yang ia miliki dalam pengaruhnya, sangat berbeda dengan pemimpin yang lebih mengandalkan kerjasama.

5.       BOS selalu ingin menyetir segalanya, selalu mau mengatur sesuai kehendaknya, sedangkan seorang Pemimpin justru akan berada di antara anak buahnya, menggunakan potensi yang anak buahnya miliki, tanpa harus mengatur tapi ttetap bertangggung jawab.

6.       Apabila sedikit ada masalah, kekurangan atau error dalam kinerja anak buahnya, sang boss akan menyalahhkan si Anak Buah . Tapi, pemimpin akan berusaha menyelesaikan masalah, dan memperbaiki kekurangan itu.

7.       Seorang boss hanya akan mampu menguasai seutuhnya sedikit dari anak buahnya, itupun hanya mereka yang tak percaya diri dan terlalu mendewakan rasa takut dalam dirinya, tapi Seorang pemimpin akan mampu menanam pengaruh di hampir semua anggotanya.

8.       Boss akan menjadikan sebuah pekerjaan seakan-akan menjadi sebuah beban untuk anak buahnya. Berbeda dengan pemimpin yang justru membuat anak buahnya merasa senang dengan apa yanggmereka kerjakan.

Seorang Boss berkata : “Kerjakan !!” sedangkan pemimpin mengucapakan : “Ayo kita kerjakan!”

No comments:

Post a Comment